Site announcements

Panduan E-learning

 
Picture of Adhitya Oyeee
Panduan E-learning
by Adhitya Oyeee - Thursday, 19 October 2017, 9:02 PM
 

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber:

  1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
  2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
  3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).

Karakteristik E-learning

Menurut Rosenberg (2001) karakteristik E-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi.

Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:

  • Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.
  • Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
  • Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja.
  • Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

(Sumber: http://scdc.binus.ac.id/himsisfo/2016/08/pengertian-dan-karakteristik-e-learning/)

untuk menggunakan E-learning SMAN 23 guru harus terdaftar, jika sudah terdaftar silahkan masuk kebagian course sesuai mata pelajaran masing masing, dan kelas yang dituju, setelah itu guru dapat menambahkan kegiatan seperti memberikan tugas, membuat forum diskusi, memberikan ulangan, dan juga melihat nilai para siswa yang sudah mengerjakan tugas maupun ulangan.